Saturday 30 October 2010

Golden Ratio, Rule of the Thirds, Focal Point

Layout merupakan tantangan terbesar dalam aquascape, ide dan kreatifitas merupakan hak dari aquarist untuk di utarakan. Tetapi bagaimanakah agar layout tersebut dapat di nikmati masyarakat ramai? Ini beberapa tahapan yang selama ini saya pelajari dan ingin berbagi dengan teman-teman di sini. Dan hal tersebut bukan berarti saya sudah menguasai nya dengan baik, karena forum adalah tempat berdiskusi. Baiklah saya mulai dengan :

Golden Ratio :

http://en.wikipedia.org/wiki/Golden_ratio
Adalah pembagian matematika untuk mendapatkan ukuran yang paling baik, dalam hal aquascape penempatan inti dari sebuah layout

Rule of the thirds :

Seperti permainan tic-tac-toe, tank di bagi menjadi 9 kotak dengan ukuran yg sama. Hal tersebut merupakan teknik dalam fotografi dan dapat di gunakan untuk layout yang baik.

Berbicara mengenai layout terlalu luas cakupan nya karena hasil dari sebuah layout adalah implementasi dari ide sesorang. Ada yang memperhatikan nya dan ada yang mengabaikan hal tersebut.

Jika aquarist tersebut menginginkan kreasi dan ide nya dapat di nikmati masyarakat umum, sama seperti mengamati lukisan karena dalam era digital sekarang hasil ahir tersebut di sebar luaskan dalam bentuk gambar, dan tentunya hal tersebut berbeda jika pengamat melihat aquarium secara langsung.

Berdasarkan penelitian, dan seni ( lukis dan fotografi ) pengelihatan berkaitan erat dengan otak kiri dan kanan. Sehingga fokus untuk sebuah pengamatan harus di satu titik. Dalam fotografi ada istilah Focal Point atau Main Focal, yaitu inti tampilan dari sebuah foto dan hal tersebut yang harus di fokus kan dalam menciptakan sebuah layout.

Focal Point :

Erat kaitan nya dengan Golden Ratio / Rule of the Thirds, tempatkan inti dari layout tersebut kira-kira 1:1.68 dari ukuran tank. Focal point bisa berupa Hardscape, Tanaman berwarna, Tanaman Unik, Depth dan kreatifitas.
Hal yang harus di perhitungkan dalam menciptakan sebuah layout :

1. Tema sebuah layout
2. Hardscape
3. Tanaman foreground, midground, background
4. Biota sebagai Point of Interest

Point of Interest di dalam aquascape berupa posisi ikan yang sebagai biota alami sebuat ekosistem, menjadi pendukung dan penambah nilai ke indahan dari keseluruhan layout. Ikan yang berenang secara bergerombol ( schooling ) adalah salah satu POI dalam layout.

Golden Section :

Setelah layout tersebut berjalan dengan baik dan kombinasi dari keseluruhan point di atas, hasil foto harus bisa menampilkan titik utama focal point dan POI dan ini yang di sebut dengan Golden section.

Saya sendiri belum menguasai dan belum mencapai keseluruhan point di atas. Kalau ada kekurangan mohon yang lebih berpengalaman dapat menambahkan dan memperbaiki nya.

Wassalam,
Aldy

3 comments:

  1. hai,

    nice blog, ternyata membuat aquarium tidak semudah itu ya, saya sedang berencana membuat satu aquarium untuk anak perempuan saya, setelah melihat hasil aquarium anda, apa saya bisa belajar lebih banyak dari anda mengenai aquarium ini, mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete
  2. apakah anda punya gtalk, mohon di add gtalk saya di : windifa.darwin@gmail.com trimakasi

    ReplyDelete
  3. -Andinio > Dengan senang hati saya dapat membantu, saya akan add gtalk anda. Terima kasih

    ReplyDelete