Wednesday 26 January 2011

Hardscaping and Plant Arrangement



Setelah aquarist melakukan penyusunan hardscape dengan komposisi yang di inginkan, menciptakan keseimbangan antara sisi kanan dan kiri, depan dan belakang. Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemilihan tanaman yang sesuai kemudian penyusunan tanaman tersebut.

Planting ( penanaman ) pada umumnya di lakukan dengan melihat dari sisi depan ke arah belakang untuk membentuk Silhouette yang tepat. Mendapatkan hasil yang terlihat luas dan memanjang.

Pilih lah tanaman mulai dari jenis tanaman paling kecil, sedang, besar dan untuk membentuk efek keseluruhan layout penempatan nya kira-kira seperti ini :

1.       Tanaman kecil           :               Bagian depan ( foreground )
2.       Tanaman Sedang      :               Bagian tengah ( midground/celah batu dan antara kayu )
3.       Background                :               Bagian Belakang ( Background )

Penempatan tanaman sendiri tidak ada aturan/ketentuan pasti, karena aquascaping merupakan hasil karya seni layout dan hasil desain tidak mutlak sama. Penyusunan diatas merupakan hal umum yang dilakukan dan merupakan penyempurnaan bentuk substrat dan kontur yang tinggi kebelakang.

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya aquarist mengenal karakteristik tanaman yang akan di gunakan seperti :

1.       Tinggi maksimal tanaman
2.       Cara penyebaran ( runner/anak )
3.       Ukuran/bentuk daun tanaman
4.       Kebutuhan hidup tanaman

Aquascape berukuran nano/medium/large/xtra large membutuhkan tanaman yang berbeda juga. Seperti Hemianthus callitrichoides 'cuba' tidak sesuai jika di gunakan pada tank dengan panjang 200cm lebih, begitu juga sebaliknya staurogyne repens tidak cocok digunakan pada tank dengan panjang 30cm.

Pilih tanaman foreground ( sesuai dengan layout ) berukuran lebih kecil dari tanaman midground seperti glosso/cuba/hairgrass accicularis/parvula. Kemudian gunakan tanaman midground berukuran sedang seperti baby tears/umbrosum. Begitu juga untuk tanaman background pilih tanaman stem/fern atau jenis lain yang menyempurnakan layout ( tergantung jenis dan layout dari aquarist tersebut ).

Hal baru yang dilakukan kebanyakan aquarist masa sekarang adalah memutar balik bentuk Silhouette tersebut sehingga keseluruhan layout terlihat back to back Silhouette atau di namakan back to front view.


Beberapa jenis tema baru adalah :
1.       Inside Jungle type
2.       Jungle and mountain type
3.       Jungle and island type

Dan layout jenis baru tersebut masih susah untuk di terima oleh pandangan masyarakat umum secara gamblang. Karena aquarist mengapresiasikan hasil karyanya sesuai dengan sudut pandang nya tersendiri.

No comments:

Post a Comment